Resep Es Permata Bengkuang Thailand pasti enak

Es Permata Bengkuang dari ThailandHallo sobat pembaca blog aneka resep minuman. Hari panas membuat kerongkongan terasa kering maka minuman dingin dapat menyejukan. Berbicara mengenai minuman dingin maka sobat dapat mencoba resep es terbaru ini. Minuman ini diberi nama Es Permata Bengkuang Thailand. Loh kenapa ada nama thailand?apakah minuman ini dari thailand. Admin telah mencari informasi mengenai kebenaran ini hasilnya biji mutiara yang terbuat dari bengkuang ini berasal dari thailand. So secara garis besar untuk mutiara didalam esnya berasal dari thailand. Namun pada resep ini akan diajarkan cara membuat permatanya meskipun akan sedikit berbeda dari yang import. Langsung saja siapkan bahan - bahannya :

Bahan utama Es Permata Bengkuang :

2 buah bengkuang (780 gram), dikupas, dipotong kotak kecil – kecil
300 gram tepung kanji
4.500 ml air untuk merebus
1/2 sendok teh pewarna merah cabai
1/8 sendok teh pewarna hijau tua
1/4 sendok teh pewarna kuning tua
550 gram es serut

Bahan untuk Sirup :

450 gram gula pasir
450 ml air
2 lembar daun pandan

Bahan untuk Kuah :

750 ml santan dari 1 1/2 butir kelapa
1/2 sendok teh garam
2 lembar daun pandan

Cara membuat Es Permata Bengkuang :

1. Bengkuang yang sudah dipotong -potong kecil tadi pisahkan menjadi 3 bagian. Lalu setiap bagian masukan pewarna yang telah disiapkan ke masing - masing bagian. Ratakan dan kemudian sisihkan.
2. 300gram tepung kanji tadi anda bagi juga menjadi 3 bagian. Masukkan masing - masing tepung kanji kedalam plastik dan kemudian setiap bengkuang yang telah berwarna tadi masukkan kedalam setiap kantung plastik yang berisi tepung kanji. Kocok - kocong sampai bengkuangnya terbalut secara merata.
3. Didihkan air lalu masukkan bengkuang yang telah terbungkus tepung kanji kedalamnya. Rebus semuanya sampai benar - benar matang dan terapung. Jika sudah maka angkat dan siram dengan air dingin. Lalu tiriskan.
4. Selanjutnya kita membuat sirupnya. Rebus semua bahan sirup sampai mendidih dan menjadi kental Lalu dinginkan.
5. Sirup sudah selanjutnya kuahnya. Rebus semua bahan kuah sampai mendidih lalu dinginkan.
6. Jika semua telah siap maka ES Permata Bengkuang siap disajikan. Siapkan wadahnya lalu masukkan sirupnya,kuah santan lalu permatanya. Sebagai penyegar tambahkan es batu diatasnya. Es Permata Bengkuang siap dinikmati.

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca “resep es permata bengkuang thailand”. Semoga postingan ini dapat menginspirasi sobat pembaca semua. Jika postingan ini bermanfaat maka silahkan share dan klik like. 

Resep Es Permata Bengkuang Thailand pasti enak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: myone

2 komentar: