Resep Es Palu Butung Khas Makassar

Resep Es Palu Butung Khas MakassarPada postingan yang lalu admin aneka resep minuman telah membahas minuman khas makassar yakni Es Pisang Hijau. Namun tahukah anda bahwa ada lagi es dengan bahan pisang yang terkenal di Makassar. Es tersebut dinamakan Es Palu Butung. Es ini dibuat dari pisang kepok atau raja nangka yang sebelumnya dikukus terlebih dahulu kemudian di potong - potong. Es ini cocok sekali jika disantap siang hari pada saat hari panas. Penasaran cara membuatnya?Simak penjelasannya dibawah ini.

Bahan Es Palu Butung :

- 8 buah pisang raja/kepok yang tua, dikukus lalu dikupas
- es batu, diserut
- sirup merah
- 600 cc santan dari 1 butir kelapa
- 50 gr tepung beras
- 2 lembar daun pandan, dibelah dua lalu dibuat simpul
- 75 gr gula pasir
- ¼ sdt vanili
- ¼ sdt garam

Cara membuat Es Palu Butung :

1. Campurkan tepung beras dengan santan sebagian sampai benar - benar terlarut.
2. Sisa santan yang ada dididihkan dan kemudian tambahkan gula pasir, daun pandan, vanili dan garam.
3. Campuran tepung beras dan santan kemudian dimasukan kedalam santan yang dididihkan  tadi. Aduk merata sampai matang dan kental Lalu diangkat.
4. Pisang kepok atau raja nangka yang telah dikukus sebelumnya dikupas, dipotong - potong dan kemudian letakkan kedalam mangkok. Tuangkan bubur tepung beras tadi kedalam mangkok. Sebagai bahan pelengkap beri serutan es batu serta sirup merah.
5. Es Palu Butung siap disajikan untuk melepas dahaga anda.

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca postingan kami dengan judul “Resep Es Palu Butung Khas Makassar”. Semoga informasi sederhana ini dapat membantu anda. Jika postingan ini dirasa bermanfaat maka silahkan share di facebook atau Google Plus anda.

Resep Es Palu Butung Khas Makassar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: myone

0 komentar:

Posting Komentar