Resep Es Selendang Mayang Jakarta

Resep Es Selendang MayangHallo selamat siang pembaca blog aneka resep minuman, kali ini admin akan mencoba membagikan resep es dari jakarta yakni Es Selendang Mayang. Es ini memiliki varian rasa yang unik seperti rasa manis dan sedikit asin apalgi jika anda menambahkan serutan es maka akan membuat es selendang mayang lebih nikmat. Bagi anda yang tinggal dijakarta mungkin sudah sedikit kesulitan mencari es ini maka dari itu sebaiknya es ini mulai dilestarikan. Bagi yang bingung cara membuatnya langsung simak petunjuknya dibawah ini :

Bahan Es Selendang Mayang :


- 1000 ml air
- 2 lembar daun pandan, ikat
- 125 gr tepung hunkwe
- 75 gr tepung beras
- 1/4 sdt vanili bubuk
- 1/2 sdt garam
- 25 ml air daun suji dari 25 lembar daun suji dan 2 lembar daun pandan
- 2 tetes pewarna makanan berwarna hijau tua
- 3 tetes pewarna makanan berwarna merah
- 800 gr es serut

Bahan Sausnya :
- 150 ml air
- 200 gr gula merah
- 1 lembar daun pandan

Bahan Santan :
- 600 ml santan
- 2 lembar daun pandan
- 1/2 sdt garam

cara membuat Es Selendang Mayang :


1. Campurkan bahan seperti daun pandan, tepung hunkwe, tepung beras, vanili bubuk dan garam kedalam air lalu direbus sambil diaduk. Terus pantau rebusan sampai benar - benar mendidih.
2. Buatlah 3 bagian adonan dimana adonan yang pertama diberi pewarna merah lalu aduk dengan rata. Lalu bagian kedua diberi warna hijau beserta daun suji. Pada bagian terakhir biarkan saja berwarna putih.
3. Masukan adonan yang berwarna hijau loyang yang telah diolesi minyak sebelumnya. Lalu dilanjutkan adonan warna putih diatas adonan hijau. Terakhir tuangkan adonan merah diatas warna putih.
4. Masukan loyang kedalam lemari es. Hal ini ditujukan agar adonan menjadi dingin dan padat. Jika dirasa telah padat maka potong dengan bentuk jajar genjang.
5. Buatlah saus dengan cara mencampurkan air,gula merah, daun pandan dan pewarna merah kemudian rebus sampai mendidih sambil terus diaduk. Kemudian saring dan dinginkan.
6. Buat kuah santan dengan semua bahan santan lalu direbus sampai mendidih.
7. Sajikan potongan kedalam mangkok atau gelas lalu tuangkan saus beserta santan. Es Selendang Mayang siap disajikan.

Resep Es Selendang Mayang Jakarta Rating: 4.5 Diposkan Oleh: myone

0 komentar:

Posting Komentar