Resep Es Dawet Ayu dari Banjarnegara

Resep Es Dawet Ayu dari BanjarnegaraResep Es Dawet Ayu dari Banjarnegara - Hallo berjumpa lagi di blog aneka resep minuman. Malam hari ini kita akan membahas salah satu Resep Es yang sudah pasti banyak pembaca yang tahu yakni Resep Es Dawet Ayu. Minuman ini berasal dari daerah banjarnegara dan sangat cocok diminum saat cuaca panas seperti sekarang ini. Apalagi sebulan lagi bulan puasa akan datang dan es dawet ayu dapat anda jadikan menu minuman berbuka puasa. Langsung saja simak resepnya dibawah ini :

 

Bahan Es Dawet Ayu :

- 600gram dawet atau cendol ( ditiriskan )
- 650gram es serut sebagai pelengkap

Bahan Kuah Santannya :


- 2500ml santan
- 5 lembar daun pandan
- garam secukupnya

Bahan sirup Dawet ayu :- 6 buah nangka yang dipotong menjadi bentuk kotak
- 1/2 kg gula merah lalu disisir
- Daun pandan sebanyak 2 lembar ( saling diikat )
- Garam sekucupnya
- air matang 200ml

Cara membuat Es Dawet Ayu :

1. Hal yang harus dibuat terlebih dahulu adalah kuah santannya. Campurkan semua bahan kuah santan lalu rebus sampai mendidih,angkat dan dinginkan.
2. Selanjutnya anda buat sirup gula yang akan digunakan. Rebus semua bahan sirup gula diatas lalu aduk sampai mengental. Jika selesai maka kemudian dinginkan.
3. Kuah santan dan Sirup telah selesai dibuat maka selanjutnya siapkan proses pembuatan. Dawet atau cendol yang telah disiapkan dimasukkan kedalam wadah mangkok atau gelas saji. Masukkan kuah santan dan sirup gula kedalamnya. Sebagai pelengkap,gunakan es batu serut untuk sensasi dinginnya.
4. Es Dawet Ayu sudah siap diminum saat cuaca panas.

Semua bahan diatas digunakan untuk membuat sekitar 12 porsi Es Dawet Ayu. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca postingan resep dari kami. Semoga bermanfaat untuk anda. Dapatkan informasi mengenai resep minuman lainnya dengan cara klik CTRL+D dan jangan lupa share serta like postingan ini.

Resep Es Dawet Ayu dari Banjarnegara Rating: 4.5 Diposkan Oleh: myone

1 komentar: